Itu bukan Pencapaian yang Belum Tercapai, ko!


Lama ga nulis, muncul-muncul bahas pencapaian. Tahun ini, 2022, sangat amat (woo alay dikit) memberiku banyak insight baru. Di awal tahun, ada hal yang cukup ga pernah terbayang alias hal yang ga masuk dalam rencanaku. Yap, mencoba daftar kedinasan. Awalnya aku gabisa nerima hal ini dan selalu mencoba untuk menggiring pendapat dan pemikiran ortu bahwa ada jalan lain, ya tetep nerusin di jurusanku yang sekarang tanpa harus pindah. Then, ya kenapa ga dicoba aja? Orang tuaku memberi pendapat itu juga dengan alasan yang rasional dan bisa diterima (yee cit, nulis gini padahal waktu itu galau hehe). Jarak pengumuman pembukaan pendaftaran sama pendaftarannya waktu itu lumayan jauh dan ya aku udah kepikiran buat masuk kedinasan yang mana. Lalu, boom, gak menerima mahasiswi baru. Galau lagi. Dengan tinggi yang ga tinggi-tinggi banget dan mata yang juga ga normal, bingung lah tu milih mana.

Ternyata setelah banyak diprotes, kedinasan satu tadi (yang ga nerima perempuan) akhirnya merubah keputusannya, cuma ya .. syarat tinggi dan matanya makin diperketat and guess what aku ga memenuhi syaratnya woo. Waktu itu cukup pusing karena juga disambi dengan mikirin kuliah semester 2 yang masya Allah membuat mahasiswa-mahasiswanya tujuh keliling alias pusing. Ditambah dengan beberapa kegiatan non-akademik yang aku ikutin. Yah, aku mencoba menjalani semuanya dengan kalem agar tetap sane.

Agak lompat, aku bersyukur banget. Emang semua jadwal tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) itu timelinenya bebarengan sama UAS atau Ujian Akhir Semester, tapi aku dapet yang hari Minggu and I’m so happy to know that. Beruntung waktu di semester 2 ada yang namanya minggu tenang. Beruntung ga beruntung aslinya karena di minggu tenang itu adalah waktu untuk aku ngejalanin proker (program kerja) yang udah dirancang bareng-bareng sama anak timku yang lain dan kebetulan aku ketuanya .. so yeah. Jadi, dari 7 hari di minggu tenang itu, sisaku untuk benar-benar tenang dan fokus belajar adalah mulai hari Kamis. Bukan mahasiswa namanya kalo gak sok keren, alias belajar materi satu semester dalam sekejap sebelum ujian. Di minggu tenang itu aku mulai belajar kedinasan dengan serius. SKD buatku cukup susah karena aku bukan orang pinter yang tanpa belajar langsung bisa paham dan dapet hasil memuaskan gitu aja. Bahkan udah belajar pun, hasil TO atau try out yang aku ikutin ga pernah lolos ambang batas. Sedih? banget, tapi ya yaudah gimana lagi, gagal ya gagal aja hehehe. Makanya aku mutusin buat lebih ke nitik beratin kedinasan daripada UAS walau sebisa mungkin fokus dua-duanya. Ngejar materi buat UAS, aku ngandelin catetan dan pendengaranku selama ngikutin kelas.

Waktu UTS (Ujian Tengah Semester) aku cukup sering buat belajar bareng temen. Namun, buat di UAS ini aku cenderung dan bahkan semuanya belajar sendiri di kos karena apa yang kupelajarin kurasa gabisa fokus kalo harus dipelajarin bareng-bareng. Ya sejujurnya sih aku gamau temen-temen yang lain tau kalo aku nyoba untuk kabur (re: daftar kedinasan). Apakah aku merasa mampu melewati semuanya? Yap mampu banget, mampu buat stressnya. Aku ga sehebat dan sebisa itu untuk unggul di dua bidang sekaligus. UAS yang kebanyakan materi eksak dan SKD yang penuh pilihan tricky.

Aku ga sempet nangis saat itu, mikirnya, halah nangis-nangisnya nanti aja, ini nih masalah di depan mata dikelarin dulu. UAS minggu pertama aku hadapin dengan persiapan yang dibilang cukup dan mata kuliahnya pun juga cukup bisa dikerjakan dengan tersenyum (tanda pasrah). Yang jadi problem banget adalah matkul minggu kedua utamanya Analisis Variabel Kompleks (AVK) yang amat kompleks. UAS matkul ini di hari Senin, langsung setelah tes SKD. Aku udah mutusin buat pasrah di AVK dan bener-bener 2 hari (Jum’at dan Sabtu) buat belajar SKD.

Dipikir-pikir lagi, kekuatan doa itu emang nyata adanya. Otak yang udah kelelahan overthinking soal hasil SKD dan orang tua sama keluarga di rumah yang juga ikut deg-degan, ternyata masih kuat buat belajar AVK ngebut pake sistem SKS (Sistem Kebut Semalam). Sewajarnya habis tes, ortu pasti nanyain kabar gimana tadi, terus reaksi ke skor yang ditampilin secara live di Youtube dan lain sebagainya, tetapi aku memutuskan buat menjauhi social media waktu itu. Introvert satu ini perlu ­recharge energi dulu sebelum perang lagi (ahahaha) yak aku tidur bentar. Bisa dibilang belajar ga belajar habis itu karena belajar itu kan baca materi, review, latihan soal, diskusi sama temen kalo bisa, and repeat. Nah, yang aku lakuin malem itu adalah baca catetan dan bolak-balik bukunya aja, tanpa nulis atau coret-coret. FYI, biasanya di beberapa matkul tertentu itu ada ­cheat sheet atau lampiran sebanyak 1 lembar yang bisa kita isi apapun dan boleh dibawa waktu ujian. Matkul AVK ini gaada eh gaboleh pake cheat sheet. So, yaudah gaada coret-coret yang terlahir.

Besoknya waktu ujian, kaget aja, ternyata aku bisa ngerjain soalnya. Seneng tentu. Basically kesenanganku di UAS atau ujian apapun itu seringkali bukan karena aku merasa jawabanku bener, tapi karna aku bisa jawab, ya at least kertasnya ga kosongan and it happens di AVK, terharu dikit tiba-tiba di otak semuanya nyambung aja.

UAS dan SKD terlewati, tentu hasil pasti keduanya sama-sama belum muncul. Gatau kenapa, entah kepedean, di otakku hanya ada pikiran bahwa semester 3 aku udah ga di UGM lagi, dan udah kuliah di kedinasan tadi. Jadi, ya gaada rencana atau keinginan apa-apa, ga terbayang, buat ngapain aja kalo di semester 3. Emang agak-agak.

Long story short, aku ga lolos perangkingan nasional. Oh iya ada alasan dibalik kepedeanku itu. Aku dapet nilai tertinggi di sesiku untuk prodi yang aku pilih.

[delay bentar, yang nulis agak mellow]

Like I said before, aku ga punya bayangan bakal lanjut semester 3 di UGM. Seperti angin di kala mendung hadir, ada acara mentoring karir yang buka dan tanpa berpikir Panjang aku daftar aja. Boom dari situ aku banyak kena pukulan apalagi se timnya maba semua, tapi mereka udah tau mau ngapain aja. Udah lah tu, aku mencoba tetap sane dengan coba nulis-nulis lagi.

Seorang aku yang awalnya gatau mau ngapain, mau kemana, mau apa, sekarang akhir jadi lebih semangat buat apa-apa. Tentu, sampai sekarang pun aku masih struggle dalam menentukan kedepannya mau gimana dan hal apa yang perlu dilakuin buat kesana, tetapi aku enjoy. Kuliah offline ketemu orang banyak, ikut kegiatan-kegiatan yang lingkungannya macem-macem, bahkan lebih tau dan kenal sama diri sendiri.

Aku gabakal jadi aku di akhir Desember 2022 ini kalo misalkan aku gajadi lanjut semester 3 di UGM. Mungkin juga aku bakal jadi aku yang lain di Desember 2022 kalo aku keterima di kedinasan tadi. Apa hal-hal yang aku ingin capai di 2022 ini tercapai semua?

Well, buatku sekarang, pencapaian itu ga hanya bisa diliat sebagai ‘telah mencapai sesuatu’. Udah ini udah itu, habis ini, menang itu, ikut ini, dan sebagainya. Setelah apa yang aku lewatin di tahun ini, buatku pencapaian itu adalah titik di mana kita sebagai individu akhirnya bisa menerima dengan nyaman. Menerima jalan yang akhirnya membawa kita di titik tertentu dengan ikhlas. Bahwa, kita melewati, bisa melewati suatu tahapan, suatu jalan kehidupan, itu juga pencapaian. Melihat aku yang sekarang ini masih bisa nulis curhatan 1000 kata, masih bisa scrolling Twitter, masih bisa melihat ortu walau mungkin belum memenuhi ekspektasi nya, masih bisa ngelus kucing kesayangan, masih bisa ngobrol sama temen-temen, dan masih bisa bertahan terus semangatnya sampai di penghujung tahun, buatku udah pencapaian besar, banget.

Yap, di tahun ini, kalo emang pencapaian dilihat sebagai ‘telah mencapai sesuatu’, oke, aku juga udah memiliki pencapaian, yaitu telah mencapai titik di mana aku bisa enjoy and even when I no longer knew why, I walked forward always trying to not lose my head. Aku juga menyadari hal yang penting banget di tahun ini. Orang tua dan keluarga.  Kadang, di titik terendah di saat kita gatau mau apa dan gaada motivasi buat ngapa-ngapain atau justru kehilangan semua motivasi itu, individu lupa bahwa mereka masih punya support system yang selalu ada di sekitar mereka. Dalam case aku adalah keluarga, utamanya orang tua. Oke, ekspektasi orang emang kadang bikin kita bingung, bahkan kalimat yang jelas baik kaya “Semoga dapet nilai A” “Semoga lolos” bingung juga mau ditanggepin gimana, mau Aamiin tapi kok ekspektasinya ketinggian, mau ga Aamiin kok nolak doa baik. Di balik semua itu, doa-doa dan kehadiran mereka aja udah jadi semangat buat tetep berani melangkah.

I’ve done well and we've all done well this year.

Semoga kita adalah jawaban dari doa-doa baik kedua orang tua kita.

0 comments